Sumber Nutrisi Untuk Penderita Diabetes

Penderita diabetes diharuskan bisa mengatur pola makan sehat karena apabila kurang jumlah insulin membuat penderita harus berhati-hati dalam menjaga agar kadar gula dalam darah mereka tidak melonjak naik.

Ketika kadar gula yang tinggi sehabis makan dapat memicu timbulnya komplikasi makrovaskuler seperti penyakit jantung dan gangguan pembuluh darah. Tapi resiko tersebut bisa dihindari jika penderita diabetes dapat dengan konsisten menjalani hidup sehat.

Memilih makanan yang memiliki indeks glikemik rendah dan menyediakan sumber nutrisi penting bagi tubuh seperti kalsium, potasium, serat, magnesium, vitamin A, vitamin C, dan Vitamin E. Makanan tersebut tidak boleh meningkatkan kadar gula darah dengan drastis, mampu membakar lemak, dan memiliki manfaat kesehatan lainnya.

Sumber Nutrisi Untuk Penderita Diabetes
Berikut Makanan Untuk Penderita Diabetes:

Makanan yang baik sebagai sumber nutrisi untuk penderita diabetes yang dianjurkan untuk menjaga kesehatana tubuhnya diantaranya :

Oatmeal
Karbohidrat sangatlah penting tapi harus dapat memilih asupan yang aman bagi penderita diabetes karena berpengaruh besar pada kadar gula darah. dianjurkan untuk mengkonsumsi gandum utuh seperti oatmeal yang mengandung karbohidrat kompleks dan serat larut tinggi. Serat yang terkandung sangat lambat untuk dicerna oleh tubuh sehingga kadar glukosa darah lebih terkontrol.

Oatmeal juga kaya akan magnesium yang membantu tubuh memanfaatkan glukosa dan mensekresi insulin dengan baik. selain itu Oatmeal juga dapat menurunkan resiko terkena serangan jantung yang merupakan salah satu komplikasi diabetes.

Susu dan Yogurt rendah lemak
Bukan harus mengntrol gula saja, penderita diabetes juga harus bisa mengontrol lemak. Banyak penderita menderita diabetes tipe 2 karena tumpukan lemak jahat di dalam tubuh yang menyebabkan tubuh tidak peka terhadap insulin. Oleh sebab itu, dianjurkan untuk mengkonsumsi susu dan yogurt redah lemak untuk memenuhi kebutuhan lemak baik, kalsium, dan vitamin D sebagai sumber nutrisi harian tubuh.

Dengan konsumsi yogurt rendah lemak dapat menurunkan risiko terkena diabetes hingga 28% dibandingkan tidak memakannya sama sekali. banyak Peneliti juga meyakini bahwa mikroba di dalam yogurt bermanfaat untuk mengurangi peradangan yang sering dialami penderita diabetes.

Brokoli
Kandungan senyawa sulforaphane pada Brokoli mampu memperbaiki dan melindungi melindungi dinding pembuluh darah dari kerusakan kardiovaskular akibat diabetes.

Senyawa Sulforaphane juga memicu proses anti inflamasi, mengontrol kadar glukosa darah, meningkatkan mekanisme detoksifikasi alami dalam tubuh, serta meningkatkan produksi enzim yang mengendalikan senyawa kimia berbahaya penyebab kanker. Brokoli pun mengandung kromium yang membantu meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh. Sangat baik untuk dijadikan sebagai menu sehat.

( Simak : Obat Herbal Diabetes Melitus )

Ikan
kandungan nutrisi didalamnya tidak hanya kaya akan protein yang membuat perut merasa kenyang lebih lama, tapi juga mengandung asam lemak omega 3 yang mampu membantu meredakan peradangan. Banyak penelitian menunjukkan bahwa mereka yang memiliki kadar asam lemak omega-3 tertinggi di dalam darahnya akan mengalami inflamasi lebih rendah. Inflamasi dalam tingkat parah dapat memperburuk diatbetes dan menyebabkan masalah berat badan.

Menyertakan ikan dalam menu diet juga membantu mengurangi resiko terkena berbagai penyakit, terutama stroke yang menjadi salah satu komplikasi diabetes.

Bayam
Penelitian di Inggris menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi lebih dari satu porsi bayam dalam sehari dan sayuran berdaun hijau lainnya mengalami penurunan risiko hingga 14% dibandingkan mereka yang hanya makan ½ porsi per hari. Pasalnya, sayuran berdaun hijau kaya akan vitamin K serta mineral magnesium, folat, fosfor, potasium, dan seng. Bayam juga mengandung senyawa lutein, zeaxanthin, dan berbagai flavonoid lainnya.

Minyak Zaitun
Penggunaan minyak zaitun sebagai pengganti minyak goreng mampu mencegah resistensi insulin, penimbunan lemak perut, dan penurunan adiponektin. selain itu juga Minyak zaitun kaya antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas, serta mencegah terjadinya penyakit jantung.

Kayu Manis
Kandungan yang terdapat pada Kayu manis kaya akan kromium, mineral yang meningkatkan efek insulin. Kayu manis juga mengandung polifenol, antioksidan pelawan radikal bebas dan mampu menurunkan inflamasi, sehingga menjaga dari diabetes dan penyakit jantung.

Tomat
Dengan mengonsumsi tomat setiapharinya dapat mengindari penggumpalan darah yang sering terjadi pada penderita diabetes. Penggumpalan darah ini dapat menyebabkan komplikasi seperti serangan jantung, stroke, dan penyakit berbahaya lainnya yang dapat mengancam jiwa. Tomat pun kaya akan vitamin C, vitamin E, zat besi, dan antioksidan penting lainnya. Selain itu Tomat mengandung likopen dan lutein yang melindungi ginjal dan pembuluh darah dari kerusakan akibat diabetes.

Kunyit
Kunyit mengandung zat aktif Curcumin diyakini dapat mengatur metabolisme lemak dalam tubuh. Curcumin bekerja pada sel lemak, sel pankreas, sel ginjal, dan sel otot secara langsung dengan meredakan peradangan dan mencegah nekrosis tumor penyebab kanker dan interlukin-6. Para ahli meyakini bahwa kombinasi seluruh faktor ini membuat curcumin mampu mengatasi resistensi insulin, kolesterol dan kadar gula darah yang tinggi, serta gejala lain terkait obesitas.

Sumber nutrisi untuk penderita diabetes sangatlah penting untuk kebutuhan dalam tubuh selain itu juga sebagai mengontrol gula darah dalam tubuhnya. Semoga bermanfaat dan bisa lebih diperhatikan asupan sumber nutrisi pada tubuhnya.

Sumber Nutrisi Lengkap Untuk Tubuh Alami sebagai acuan untuk hidup Sehat. Salam Sehat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *