Nutrisi Untuk Kecerdasan Anak

Nutrisi Untuk Kecerdasan Anak,- Anak merupakan harta yang tidak ternilai harganya. Memiliki anak yang cerdas merupakan idaman para orang tua. Untuk bisa mengoptimalkan kemampuan otak maka berikan asupan nutrisi yang baik agar meningkatkan kecerdasan otak anak.

Nutrisi Untuk Kecerdasan AnakAsupan nutrisi yang tepat sangatlah penting untuk menunjang perkembangan otak, khususnya vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan perkembangan bakat yang ada pada dirinya. Berikut Beberapa Asupan yang kaya akan nutrisi dan gizi untuk membantu perkembangan kerja fungsi otak Anak.

Beberapa Asupan Yang Baik Untuk Otak Anak

Asupan Karbohidrat ditambah asupan Protein

Mengomsumsi karbohidrat saja tidak cukup, karena dengan asupan karbohidrat akan memperlambat daya konsentrasi anaka. Maka dari itu harus ditambah asupan protein di dalam karbohidrat tersebut. Sumber protein bisa diperoleh dari sumber makanan seperti telur, susu, sayuran berdaun hijau, serta kacang-kacangan. Makana tersebut mengandung protein dan asam amino, yang berperan penting untuk membentuk neurotransmitter yang memungkinkan sel-sel dan jaringan otak untuk saling berkomunikasi.

Asam Lemak omega 3

Asam lemak merupakan komponen utama dari membran sel. Nutrisi esensial terkandung dalam makanan untuk bisa diprosuksi oleh tubuh. asam lemak berfungsi membentuk sel yang digunakan otak untuk berpikir dan sebagai perasa.
Makanan yang mengandung asam lemak diantaranya : alpukat, ikan salmon, tuna, minyak zaitun.

Air Mineral

Air bermineral sangat baik bagi kesehatan tubuh agar terhindar dari dehidrasi. Tanpa asupan air cukup kinerja otak tidak akan bekerja secara optimal. Maka dari itu untuk menjaga kinerja otak yang optimal meningkatkan konsetrasi harus dicukupkan asupan air dalam tubuh.

( simak artikel selanjutnya : Obat Herbal Meningkatkan Kecerdasan Anak )

Kolin

Makanan yang mengandung kolin berguna untuk menciptakan sel neiron di otak yang memiliki kapasitas memori. kolin akan membantu menghasilkan sel-sel memori baru. Makanan yang mengandung sel kolin seperti : telur dan roti gandum yang mengandung folat dan vitamin B yang akan membantu pembentukan sel memori.

Antioksidan

Antioksidan memang sangat bermanfaat bagi tubuh untuk menjaga radikal bebas masuk kedalam tubuh. Antioksidan paling banyak terkandung dalam buah-buahan seperti pepaya, anggur, Strawberry, Jeruk, cherry. antioksidan tersebhut dapat meningkatkan fungsi kognitif, selain itu juga buah-buahan tersebut mengandung banyak serat yang akan memberikan manfaat tambahan ke otak dengan membantu sistem pencernaan.

Asparagin

Asparagin sangat diperlukan oleh sistem saraf untuk keseimbangan dan diperlukan pula dalam tranformasi asam amino. Kandungan asparagin bisa diperoleh pada daging, telur, susu.

kolesterol
Kolesterol sangat berguna bagi anak, karena membantu mengoptimalkan perkembangan otak anak. Zat gizi ini merupakan komponen utama dalam pembentukan sel otak dan saraf. Kolesterol terkandung dalam ASI, telur, dan udang. Perlu diperhatikan juga asupan kolesterol tidak berlebihan.

Yodium

Yodium berfungsi membentuk hormon di dalam kelenjar tiroid. Hormon tiroid mempunyai perubahan luar biasa pada perkembangan otak, membuat peka sistem syaraf dan meningkatkan aktivitas otak. Makanan Sumber Yodium adalah salmon, Tuna, Kerang, Cod, Herring, Garam beryodium, kelp, rumput laut, susu.

Zat Besi

Zat beri penting dalam produksi dan pemeliharaan mielin serta mempengaruhi aktivitas saraf, kekurangan zat besi mengakibatkan penurunan kecerdasan anak. kandungan zat besi bisa didapatkan pada kulit kentang, kacang-kacangan, roti gandum.

Asupan Sumber Nutrisi yang baik akan menghasilkan baik juga terhadap tubuh. Dengan selalu menjaga pola makan sehat tidak hanya bisa membuat anak cerdas tapi menjaga anak agar tetap sehat. Sumber Nutrisi yang cukup menjadi sebuah keharusan untuk senantiasa Hidup Sehat.

Terima Kasih atas perhatiannya. Semoga Bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *