Menu Sehat Yang Baik Untuk Ibu Hamil dan Janin

Selamat datang para wanita hebat di website Kami. Pada Kesempatan yang berbahagia ini Kami akan memberikan informasi seputar Menu Sehat Yang Baik Untuk Ibu Hamil dan Janin. Ibu yang sedang masa kehamilan harus mampu berpikir cermat dalam memilih setiap asupan yang mau dikonsumsi, karena selain untuk mencukupi asupan nutrisi dalam tubuhnya, namun juga untuk memenuhi gizi buah hati dalam kandungan. Apabila gizi dalam tubuh tidak tercukupi maka akan berakibat tidak baik bagi perkembangan janin, seperti bayi terlahir cacat atau mungkin bayi terlahir dengan berat badan kecil.

Menu Sehat Yang Baik Untuk Ibu Hamil dan JaninPada masa kehamilan triwulan pertama, organ-organ vital janin mulai terbentuk, seperti otak, saraf, dan organ reproduksi. Pada saai itu sebaiknya ibu hamil memperbanyak asupan nutrisi penting seperti asam folat yang mampu membantu pertumbuhan dan perkembangan sistem saraf pada janin. Asam folat ini merupakan salah satu nutrisi yang paling penting pada masa kehamilan untuk mencegah bayi terlahir cacar, bibir sumbing, jari-jari tidak lengkap, hingga untuk terhindar bayi terlahir cacat jantung bawaan.

Maka dengan begitu untuk meminimalisir kondisi yang tidak di inginkan, maka Kami akan memberikan Asupan Sehat Untuk Ibu Hamil dan Janin

Berikut Menu Sehat Untuk Ibu Hamil dan Janin

1. Konsumsi Air Mineral

Air meineral salah satu unsur utama yang mempunyai peranan penting pengantar nutrisi dari makanan yang dikonsumsi kepada janin. Kekurangan air mineral akan memicu bayi terlahir prematur. Manfaat dari mencukupi asupan air mineral ini untuk mencegah hemoroid, konstipasi, pembengkakan berlebih dan mencegah terjadinya infeksi kandung kemih. Dianjurkan konsumsi air mineral untuk ibu hamil yaitu 2,5 liter atau setara dengan 10 gelas setiap harinya.

2. Biasakan Mengkonsumsi Sayuran dan Buah

Sayuran dan buah-buahan termasuk dalam pola makan sehat bagi semua orang, apalagi untuk ibu hamil. Disarankan setidaknya harus mengkonsumsi 5 porsi sayur dan buah yang berbeda setiap harinya agar mendapat gizi yang berbeda-beda. Berikut sayur dan buah yang baik untuk ibu hamil dan janin
Alpukat, kandungannya yang tinggi akan asam folat, vitamin C, vitamin B6, potasium, serat, dan kaya akan asam lemak tidak jenuh yang keberadaannya sangat dibutuhkan untuk janin sebagai pembentukan sel saraf, mata dan otak.

  • Apel, asupan buah ini sangat penting untuk mencegah terjadinya sembelit dan membantu menurunkan kolesterol, karena kaya akan kandungan vitamin C dan serat.
  • Bayam
    Salah satu sayuran hijau yang satu ini baik untuk ibu hamil muda karena banyak mengandung asam folat. Asam Folat yang memadai diperlukan pada awal kehamilan untuk mencegah cacat tabung saraf (cacat lahir pada otak dan sumsum tulang belakang). Selain itu Bayam juga mengandung serat, mangan, besi, vitamin A, C dan K.
  • Brokoli, salah satu sayuran hijau ini sangat baik untuk perkembangan tulang, karena mengandung asm folat dan kalsium.
  • Pisang, setiap 1 buah pisang mengandung potasium dan vitamin B6 yang baik untuk melancarkan metabolisme dalam tubuh.
  • Kacang Merah, kandungan didalamnya kaya akan zat besi, antioksidan, dan protein yang berguna untuk perkembangan kognitif janin.
  • Wortel, 2 buah wortel dalam satu hari cukup untuk pembentukan mata dan tulang bayi, karena kandungan kaya akan vitamin A.

Merubah asupan sayuran dan buah yang berbeda dalam setiap harinya akan dapat memaksimalkan sumber nutrisi yang terkandung dan sangat baik untuk dijadikan asupan bagi janin.

3. Konsumsi Daging rendah lemak, ikan dan telur

Ke 3 asupan ini sangat baik untuk ibu hamil dan janin yang dikandungnya, karena kaya akan protein yang sangat penting untuk pertumbuhan bayi dalam kandungan. Berikut beberapa menu yang disarankan bagi ibu hamil.

  • Pilih daging bagian dada, karena rendah lemak dan kolesterol. Konsumsi daging merupakan unsur penting untuk pembentukan janin, otot, dan kelancaran metabolisme.
  • Daging Sapi, cukup dengan mengkonsumsi 35 gram atau satu potong sapi per harinya. Asupan ini kaya akan protein yang baik untuk pembentukan struktur tulang, (untuk meminimalisir bayi terlahir prematur), dan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh (tidak mudah sakit).
  • Ikan Tuna dan Salmon yang dipasak, kedua ikan ini dikonsumsi 1 minggu 1 kali. kedua ikan ini kaya akan omega 3 yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak janin.
  • Telur, bahan makanan ini dapat membantu perkembangan sel-sel otak dan penglihatan bayi karena kandungannya yang kaya akan protein, lemak baik, kolin, dan omega 3.

Asupan bahan makanan tersebut bisa dikonsumsi secara bergantian agar tidak mengancam kesehatan bayi yang dikandung. Hindari makanan mentah karana takut bakteri, zat arsenik dan perasit masuk ke dalam tubuh.

4.Makanan berkarbohidrat

Selain nasi, ibu hamil juga dapat mengkonsumsi makanan berkarbohidrat lainnya sebagai sumber energi, diantarnya :

  • Oatmeal, yang kaya akan serat, vitaminB, potassium dan zat besi.
  • Kentang, kaya akan vitamin dan mineral
  • Sereal, sebagai sumber energi yang sangat baik karena kaya akan serat, asam folat yang sangat penting untuk perkembangan janin dalam kandungan.

5. Olahan Susu

Untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan nutrisi untuk perkembangan tulang dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi olahan berbahan susu, seperti susu rendah lemak, yoghurt, dan keju.

Demikian informasi yang bisa Kami bagikan tentang Menu Sehat Yang Baik Untuk Ibu Hamil dan Janin. Semoga bermanfaat dan menjadi bahan referensi bagi ibu hamil, terutama ibu muda yang baru pertama hamil.

Simak juga : Nutrisi Penting Untuk Mengobati Radang Sendi Secara Alami

Terima kasih,

visit. sumber nutrisi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *