Manfaat Semangka Semanis Buahnya

Manis, menyegarkan, dan menggoda yang membuat siapa saja yang melihatnya ingin menyantapnya, dan sangat cocok sebagai pelepas dahaga yaitu buah semangka. Bukan hanya memiliki rasa yang manis, semangka juga terdapat manfaat disetiap kandungan nutrisi yang luar biasa bahkan buah ini mampu membasmi racun yang ada dalam tubuh.

Manfaat Semangka Semanis BuahnyaBuah yang hampir 90% kandungannya air ini memiliki banyak manfaat dan kandungan vitamin didalamnya dimulai mineral, vitamin, hingga antioksidan yang semuanya itu sangat diperlukan oleh tubuh. Selaini itu juga semangka ini rendah kalori sehingga aman untuk dikonsumsi bagi yang sedang diet.

Berikut Manfaat Semangka Untuk Kesehatan

1. Baik Untuk Penderita Arthitis

Bukan hanya banyak mengandung air, semangka juga kaya akan vitamin C, antioksidan, selenium, serta zinc mineral yang sangat baik untuk membantu otot untuk meredakan nyeri dan kaku. Maka dari itu sangat dianjurkan sekali bagi yang menderita arthitis untuk mengonsumsi buah semangka. Bahkan para peneliti berpendapat bahwa buah manis ini sangat baik terhadap para atlet, yang berguna untuk mempercepat pemulihan pada sakit otot yang banyak dialami oleh para atlet pasca latihan. Hal ini diakibatkan dari kandungan asam amino L-citrulline yang terkandung dalam si manis semangka.

2. Sebagai Anti Radang

Buah manis ini mengandung kolin yang bukan hanya dapat membantu transmisi impuls saraf, namun juga dapat memperkecil resiko terjadinya peradangan kronik. Bahkan, kandungan kolin pada buah semangka juga mampu menyerap lemak, mempertahankan struktur kulis sel tubuh, menjaga daya ingat, dan mampu meningkatkan kemampuan belajar.

3. Baik Untuk Perawatan Kulit

Bukan hanya baik untuk kesehatan, kandungan semangka ini juga sangat baik untuk mempercantik kulit dan rambut. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin dan mineral dalam semangka sangat dibutuhkan oleh tubuh. Semangka ini mengandung banyak air, sehingga membantu tubuh agar terhindar dari dehidrasi, sehingga menjaga kulit tubuh dan rambut selalu terlihat segar. Kandungan vitamin C yang dapat membantu tubuh memproduksi kolagen yang mempunyai peranan terhadap kulit dan rambut. Setidaknya terdapat 20% vitamin C dalam 152 gram semangka. Dan vitamin A yang berperan aktif untuk menjaga pertumbuhan jaringan.

4. Menjaga Prostat

Semangka mengandung cukup banyak vitamin C, vitamin A, dan antioksidan likopen yang sangat diperlukan oleh tubuh kita. Kandungan antioksidannya dapat membantu tubuh dalam melawan radikal bebas, salah satu penyebab muncvulnya sel kanker dalam jaringan tubuh. Bahkan, di dalam 152 gram semangka setidaknya terdapat 9 hingga 13 mg likopen, lebih dari yang dibutuhkan tubuh (sekitar 10 mg per hari). Untuk likopen sendiri mempunya peranan penting untuk memperkecil resiko terkena kanker prostat.

Itulah beberapa manfaat semangka untuk kesehatan yang bisa anda dapatkan, namun selain manfaat diatas, ada juga manfaat lain, seperti mencegah terjadinya  penyakit asma, sangat baik bagi penderita tekanan darah, mengatasi sembelit, dan mencegah dehidrasi. Salah satu lagi tips menyimpan buah semangka yaitu simpan buah semangka di suhu ruangan yang stabil, yang berguna untuk meningkatkan kandungan likopen dan beta karotennya, hindari penyimpanan semangka dalam lemari pendingin, karena semangka akan lebih cepat membusuk.

Semangka salah satu buah yang manis, menggoda, menyegarkan dan menyehatkan untuk tubuh. Sehingga sangat disayangkan sekali, apabila anda tidak memasukan buah ini dalam menu harian anda dan telah menyia-nyiakan manfaat kandungan nutrisinya. Mulailah dari sekarang untuk mengonsumsi secara rutin buah semangka sebagai teman aktivitas anda. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Salam Sehat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *