Makanan Yang Baik Saat Masa Kehamilan

Pada saat mengalami masa kehamilan, seorang ibu sangat membutuhkan sumber nutrisi yang seimbang senantiasa untuk menjaga kesehatan bayi yang dikandungnya. Memahami makanan yang baik saat mengalami masa kehamilan sudah menjadi kewajiban para ibu hamil mengetahuinya. Makanan yang dikonsumsi ibu hamil, sebaiknya diatur agar bermanfaat bagi perkembangan janin. Tentunya tidak semua makanan baik saat hamil. Ada juga makanan yang sebaiknya dihindari selama masa kehamilan.

Makanan Yang Baik Saat Masa Kehamilan

Sumber Nutrisi Makanan Yang Baik Saat Hamil

Bayam
Bayam merupakan sayuran yang sangat bermanfaat bagi tubuh dan sangat baik untuk ibu hamil muda karena banyak mengandung asam folat. Asam Folat yang memadai diperlukan pada awal kehamilan untuk mencegah cacat tabung saraf (cacat lahir pada otak dan sumsum tulang belakang). Selain itu Bayam juga mengandung serat, mangan, besi, vitamin A, C dan K.

Susu Bebas Lemak
Tubuh menyerap kalsium pada makanan dua kali lipat dari biasanya, tetapi sebetulnya kebutuhan per harinya tetap sama. Tapi, kebanyakan orang terlalu sedikit mengkonsumsi makanan berkalsium tinggi. Jika Anda memenuhi kebutuhan tersebut, susu bebas lemak bisa menjadi pilihan cerdas. Setiap gelas susu dapat memasok sekitar 30% dari kecukupan gizi berupa kalsium yang dianjurkan mencapai 1.000 miligram.

Pisang
Pisang sangat baik dikonsumsi untuk ibu awal kehamilan karena dapat mengurangi mual akibat ngidam yang biasanya dialami ibu hamil muda tiga bulan pertama. Pisang adalah sumber vitamin B6 yang tinggi , selain itu pisang juga mengandung serat, vitamin C, asam folat dan potasium yang baik untuk untuk tubuh.

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan merupakan sumber protein dan serat yang baik bagi tubuh, oleh karena itu kacang pada masa kehamilan akan membantu mengatasi sembelit. Hampir wanita hamil mengalami sembelit selama kehamilan. Penyebab sembelit tersebut akibat tekanan rahim yang semakin besar, hormon progesteron yang memperlambat gerak pencernaan, dan suplemen zat besi. Kacang juga mengandung sumber yang kaya akan asam folat dan zat besi.

Buah Alpukat
Sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi buah alpukat, karena buah Alpukat mengandung sumber serat, vitamin K, asam folat, vitamin C, kalium dan vitamin B6. Diperkaya juga dengan lemak tak jenuh yang sehat, yang merupakan lemak “baik” yang dapat membantu melindungi terhadap penyakit jantung. Selain itu juga Buah Alpukat dapat membantu meningkatkan pertumbuhan otak bayi dan pertumbuhan jaringan.

Telur
Telur sudah pasti menjadi makanan yang bergizi untuk ibu hamil karena Kuning telur mengandung kolin, nutrisi penting yang berperan penting dalam perkembangan otak bayi di samping meningkatkan otak anda sendiri. Ibu hamil harus mendapatkan sekitar 450 miligram choline setiap hari dan jika Anda tidak suka mengkonsumsi telur,bisa digantikan dengan mengkonsumsi sumber-sumber lain yang mengandung choline seperti : daging sapi, susu dan kacang kedelai.

Pepaya
Buah yang tidak umum lagi desekitar kita ini banyak mengandung dengan vitamin C, asam folat, serat, dan potasium. Pepaya juga merupakan cara alami untuk mengatasi sembelit, yang sering dialami selama kehamilan. Namun, ibu hamil hanya boleh makan pepaya matang, karena pepaya yang masih mentah kebanyakan mengandung pepsin dalam pada getahnya yang dapat menyebabkan kontraksi.

Lemak Ikan
Lemak yang terdapat pada ikan laut kaya akan asam lemak omega 3 yang dapat membantu membantu jantung dan menguatkan kesehatan otak. Dianjurkan Makan sampai 12 ons ikan per minggu sudah cukup dianggap aman untuk ibu hamil selama kehamilan.

Makanan yang sumber nutrisinya baik untuk ibu hamil diatas sebaiknya jangan sampai di lewatkan dalam menu sehari-hari sampai tiba waktunya kelahiran, namun juga sebaiknya disertai dengan asupan suplemen-suplemen yang baik untuk ibu mengandung lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *