Kulit Manggis Kaya Manfaat Bagi Kesehatan

Buah manggis atau sering disebut Ratu Buah merupakan buah yang tidak asing lagi bagi orang Indonesia. Buah yang sedang lagi banyak diperbincangkan karena hasil penelitian pakar kesehatan tentang manfaat dari kandungan Kulit Manggis Kaya Manfaat Bagi Kesehatan manusia yang baik dikonsumsi oleh semua umur. Hebohnya manfaat kulit manggis sebagian pengusaha memanfaatkannya untuk mendapatkan keuntungan dari buah yang cukup ekonomis ini sebagai sumber nutrisi lengkap untuk tubuh alami.

manggisKandungan Alami Kulit Manggis

  • Mengandung Xanthone

Xanthone pada kulit manggis memiliki antioksidan tinggi. Kandungan antioksidan kulit manggis 66,7 kali wortel dan 8,3 kali jeruk. Sifat antioksidan pada kulit manggis jauh lebih efektif dibandingkan dengan antioksidan pada rambuatan dan durian. selain bermanfaat sebagai antioksidan xanthone berkhasiat sebagai anti bakteri, anti fungsi, anti tumor, anti kanker,anti alergi,anti histamin, dan Anti inflamasi.

Selain itu juga terdapat kandungan xanthone dengan derivatnya mampu secara efektif melawan kanker payudara dan obat penyakit jantung. Senyawa turunan xanthone terbukti bisa menghambat tumor dan penyebaran kanker rahim. senyawa xanthone, mangostin, garsinon, flovonoid, dan tanin merupakan senyawa bioaktif fenolik yang berperan dalam menentukan jumlah antioksidan sebagai menetralkan serta menghancurkan radikal bebas yang memicu munculnya penyakit degeneratif seperti kanker, jantung koroner, arthiritis dan diabetes melitus.

  • Rendah Kalori

Selain memiliki rasa yang lezat buah manggis juga rendah kalori. Cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang berdiet untuk menurunkan berat badan. Terdapat 63 kalori per 100 gr buah manggis. Tidak mengandung lemak jenuh dan kolesterol. Selain itu, buah manggis juga dapat mencukupi kebutuhan serat tubuh sebanyak 13 persen per 100 gramnya sebagai sumber nutrisi.

  • Vitamin B Kompleks

Buah manggis juga mengandung vitamin B kompleks seperti thiamin, niacin, dan folat. Vitamin ini bertindak sebagai senyawa yang sangat penting untuk aktivitas enzim dalam memetabolisme karbohidrat, protein, dan lemak.

  • Kaya Vitamin C

Buah manggis dapat memenuhi kebutuhan vitamin C tubuh sebesar 12 persen per 100 gram daging buahnya. Vitamin C merupakan vitamin larut air yang bekerja kuat sebagai antioksidan. Membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit seperti, flu, infeksi, hingga kanker dan merupakan sumber nutrisi yang sangat baik diserap oleh tubuh.

Manfaat Buah Manggis beserta Kulitnya

  • Menambah Stamina serta Tenaga.

Manggis mempunyai peran mutlak di dalam penyerapan serta metabolisme protein serta karbohidrat hingga menolong saat menjaga stamina tubuh.

  • Mengobati Sariawan

Kandungan vitamin C pada manggis juga berfungsi untuk menyembuhkan sariawan. Dengan cara 2 buah kulit manggis manggis yang dicuci terlebih dahulu sesudah itu dipotong-potong. Selanjutnya Rebus kulit manggis dengan 3 gelas air sampai volume air berkurang 50 persen. Diamkan sampai dingin, saring hasil rebusan dan kumur-kumur.

  • Pencegah Kanker

Kandungan xanthone dalam kulit dan buah manggis bersifat anti proliferasi danapoptosis yakni, efektif untuk menghambat pertumbuhan sekaligus menghancurkan sel-sel kanker.

  • Mencegah Penyakit Jantung

Buah manggis juga mengandung sejumlah mineral seperti tembaga, mangan dan magnesium. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh untuk membantu mengontrol detak jantung, dan tekanan darah. Dengan demikian, buah manggis menawarkan perlindungan terhadap stroke dan penyakit jantung koroner.

  • Meremajakan Kulit

Khusus untuk anda yang ingin merawat kulit, Anda pasti menyukai khasiat dari kulit buah manggis yaitu bikin lebih awet muda. Kandungan antioksidan di dalamnya mampu mencegah penuaan dini dan meregenerasi sel kulit. Bahkan bisa mengatasi berbagai penyakit kulit.

  • Mengatasi Gangguan Pencernaan

kandungan zat antimikroba dalam kulit manggis ini dapat memerangi bakteri, virus, parasit dan juga jamur yang ada di dalam perut, selain dari itu zat antimikroba tersebut bekerja untuk mengatasi iritasi pada usus besar dan usus kecil yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan serta diare.

Konsumsi buah manggis secara teratur, walau banyak manfaat yang terkandung bukan berarti tidak ada bahayanya. Kulit manggis mengandung kadar resin, serat kasar, dan tanin yang bisa mengakibatkan gangguan pencernaan jika mengonsumsinya terlalu banyak.

Baca juga :

Demikian informasi mengenai ” Manfaat Kulit Manggis ” yang bisa kami informasikan kepada Anda. Semoga apa yang telah kami tulis bermanfaat dan menambah referensi Anda seputar kesehatan. Terima kasih

post by http://sumbernutrisi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *