Jenis Penyakit Akibat Kebanyakan Makan Daging Sapi

Jenis Penyakit Akibat Kebanyakan Makan Daging Sapi

Jenis Penyakit Akibat Kebanyakan Makan Daging Sapi – Daging sapi merupakan salah satu bahan makanan yang menjadi primadona masyarakat Indonesia, terutama pada saat Hari Raya Idul Adha. Dimana pemeluk agama islam melakukan penyembelihan hewan ternak, seperti kambing, sapi dan unta. Berbagai olahan makanan yang berbahan dasar sapi seperti baso, steak, rendang, dan sate sangat ramai dipenuhi pengunjung. Selain memiliki rasa yang lezat dan gurih, daging sapi juga mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti protein, omega 3, selenium, vitamin B kompleks, vitamin D, zat besi dan juga zinc.

Jenis Penyakit Akibat Kebanyakan Makan Daging Sapi

Kandungan nutrisi tersebut memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, maka tidak heran kalau daging sapi ini salah satu makanan yang baik sebagai sumber nutrisi tubuh. Namun, apakah Anda pernah berpikiran mengenai bahaya ancaman penyakit yang bisa muncul akibat dari terlalu banyak mengkonsumsi daging sapi ? Pada kesempatan kali ini, Kami akan membahas Jenis Penyakit Akibat Kebanyakan Makan Daging Sapi. Untuk itu silahkan simak informasinya dibawah ini :

5 Jenis Penyakit Akibat Kebanyakan Makan Daging Sapi

1. Penyakit Radang

Daging sapi ini termasuk dalam jenis makanan yang susah untuk dicerna oleh tubuh, sehingga dapat memicu terjadinya peningkatkan jumlah enzim pencernaan agar makanan tersebut bisa dicerna dengan baik. Jika kebanyakan mengkonsumsi daging sapi ini dapat menyebabkan terjadinya peradangan pada tubuh seperti amandel, bisul dan nyeri sendi.

2. Penyakit Jantung

Mengkonsumsi daging sapi akan meningkatkan kolesterol dalam tubuh. Dimana lemak tak jenuh tersebut nantinya akan menyumbat pembuluh darah ke jantung sehingga aliran darah terhambat yang mengakibatkan resiko terkena penyakit jantung.

3. Penyakit Diabetes

Kandungan lemak dan hormon yang tinggi di dalam daging sapi ini akan berpotensi terjadinya penyakit diabetes. Seperti yang telah disebutkan oleh American Journal of Clinical Nutrition bahwa mengkonsumsi daging sapi 100 gram setiap harinya memiliki resiko lebih tinggi terkena penyakit diabetes.

4. Sakit Kepada dan Hipertensi

Kandungan zat tyramin dan zat besi yang ada dalam daging sapi ini memang sangat diperlukan oleh tubuh, namun bilamana zat tyramin dan zat besi berlebihan makan akan menyebabkan keracunan sehingga muncul gejala pusing dan sakit kepala. Selain itu juga kebanyakan mengkonsumsi daging sapi juga dapat memicu tekanan darah tinggi naik atau hipertensi.

5. Kegemukan atau Obesitas

Kandungan lemak yang tinggi dalam daging sapi ini dapat berpotensi penimbunan lemak, apalagi kalau mengkonsumsinya dalam jumlah banyak yang dapat menyebabkan kegemukan dan obesitas dengan ditandai dengan naiknya berat badan.

Itulah 5 jenis penyakit yang disebabkan terlalu banyak mengkonsumsi daging sapi. Alangkah baiknya mengkonsumsi daging sapi ini dibarengi dengan aktivitas olahraga yang teratur, serta dibarengi dengan mengkonsumsi buah dan sayur. Selain itu juga perhatikan daging sapi yang hendak dikonsumsi, pastikan terbebas dari bakteri atau cacing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *