Cegah Kanker Dengan Makanan Yang Tepat

Kanker merupakan penyakit yang sangat ditakuti oleh hampir semua orang. penyakit yang bisa mengahadirkan kematian bagi penderitanya. Maka dari itu kita cegah kanker sedini mungkin dengan pola hidup sehat dan asupan nutrisi yang tepat.

Dengan menerapkan pola hidup sehat dan asupan nutrisi tepat dibarengi dengan olah raga secara rutin merupakan proses awal untuk terhindar dari bahaya kanker dan bisa menghentikan perkembangan sel kanker.Berikut makanan yang bisa menjauhkan kanker dari diri kita :

Cegah Kanker Dengan Makanan Yang Tepat

Makanan Tepat Cegah Kanker

1. Teh
Minuman yang satu ini sangat bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan kanker karena dalam Teh hijau maupun teh hitam mengandung antioksidan tertentu, dikenal sebagai polyphenol (catechins) yang mencegah pembelahan sel-sel kanker. Paling utama ialah teh hijau, selankutnya dengan teh hitam. Para pakar kesehatan beranggapan, bahwa polyphenol ini banyak terdapat dalam teh hijau yang dapat melindungi dari berbagai tipe kanker. Daun teh hijau kering juga mampu mengurangi resiko kanker perut, paru-paru, usus kolon, rectum, hati dan pangkreas.

2. Kacang tanah
Kandungan yang tinggi vitamin E pada kacang tanah bisa menurunkan risiko kanker kolon, paru-paru, hati, dan kanker lainnya. Olahan kacang tanah seperti Selai kacang pada roti gandum akan membantu Anda melawan kanker.

3. Brokoli dan kembang kol
Sayuran ini terdapat komponen kimia indole-3-carbinol (I3C) yang efektif memerangi kanker payudara dengan mengubah estrogen pemicu kanker menjadi bersifat protektif. Sayuran Brokoli, pada di bagian kecambah juga mengandung phytochemical sulforaphane yang bisa mencegah beberapa tipe kanker seperti kanker usus dan rectal. Sulforaphane menginduksi produksi enzim tertentu yang dapat menonaktifkan radikal bebas dan karsinogen. Sedangkan kembang kol mengandung fitonutrien yang dapat membantu menghambat metabolisme karsinogen dan merangsang tubuh untuk memproduksi enzim detoksifikasi.

4. Jamur
Terdapat beberapa jenis jamur yang mampu membantu tubuh melawan kanker dan membangun sistem kekebalan tubuh, diantaranya shiitake, maitake, dan reishi.  Jamur-jamur tersebut mengandung polysaccharides, terutama lentinan, senyawa yang ampuh membantu membangun sistem kekebalan tubuh dan merupakan sumber beta glucan. Jamur juga mengandung protein lecitin yang dapat menyerang sel-sel kanker dan mencegahnya berkembang biak dan membelah diri.

5. Bawang Putih
Kandungan dalam bawang putih yang paling tinggi yaitu allyl sulfur mampu mencegah pembentukan dan pengaktifan nitrosamine dalam tubuh dan menghalang zat-zat karsinogen yang sangat berbahaya bagi tubuh.

( Simak selengkapnya : Obat Kanker )

Selain itu juga bawang putih mengandung zat aktif seperti vitamin A, B, C, kalsium, potassium, besi, karoten dan selenium yang dapat mencegah mutasi gen, menghambat pertumbuhan sel kanker, memperbaiki struktur DNA yang rusak bahkan merangsang sel kanker untuk membunuh dirinya (apoptosis).  Antioksidan dalam bawang putih berperan untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan membunuh kuman helicobacter pylori yang bisa menimbulkan kanker lambung.

6. Ubi jalar
Ubi jalar mengandung beta karoten yang bisa menurunkan risiko kanker kolon, lambung, dan paru-paru. Para ahli kesehatan menyimpulkan, bahwa ubi jalar dapat menurunkan risiko kanker payudara hingga setengahnya.

7. Tomat
Kandungan di dalam tomat seperti : likopen , dan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas penyebab kanker. Selain itu juga Tomat juga mengandung vitamin C yang bisa mencegah kerusakan sel yang bisa menimbulkan kanker. Likopen mampu membunuh sel kanker di mulut dan sering mengkonsumsi likopen dapat mengurangi resiko kanker payudara, prostat, pangkreas dan kanker kolateral.

8. Cabai
Kandungan senyawa capsaicin di cabai ternyata dapat menetralisir sejumlah kanker termasuk mencegah kanker perut.

9. Alpukat
Antioksidan yang kuat dalam alpukat mampu melawan radikal bebas dalam tubuh. Para ahli kesehatan beranggapan kandungan nutrisi dalam alpukat dapat berguna untuk  mengobati hepatitis yang disebabkan kanker hati dan  masalah-masalah kerusakan hati lainnya.

10. Kunyit
Kurkumin, bahan aktif dalam kunyit yang sangat berperan dalam anti-inflamasi dan antioksidan. Kurkumin juga dapat menjadi penghalang dari komunikasi sel-sel kanker sehingga mencegah perkembangannya.

Demikian Informasi yang bisa disampaikan, dengan tekad dan ditambah niat yang kuat untuk terhindar dari penyakit kanker sangatlah mungkin.  Menjaga Pola Hidup dan Asupan Nutrisi Makanan yang tepat dibarengi dengan Olah Raga Rutin tubuh akan merasa sehat terjaga dari bayang-bayang penyakit seperti kanker.

Sumber Nutrisi Lengkap Untuk Tubuh Alami sebagai acuan hidup sehat keluarga senang. Terima Kasih  🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *