Asupan Nutrisi Masa Remaja

Asupan nutrisi masa remaja memang bukan hanya sekedar untuk menghilangkan rasa lapar, melainkan mempunyai banyak fungsi. Adapun fungsi umum dari nutrisi diantaranya sebagai sumber energi, memelihara jaringan tubuh, mengganti sel tubuh yang rusak, mempertahankan vitalitas tubuh, dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi perhatikan juga zat gizinya.

Apalagi saat Remaja sumber nutrisi sangat penting mendukung pertumbuhan, asupan makanan sehat menjadi fokus utama dalam pola makan untuk meningkatkan perkembangan tubuh dan hindari makanan yang bisa merusak pertumbuhan seperti makanan cepat saji yang akan mengakibatkan buruknya asupan yang didapat dalam tubuh memperlambat proses perkembangan.

Asupan Nutrisi Masa Remaja

as

Nutrisi Masa Remaja memang sangat sangat berperan penting untuk membentuk tubuh yang kuat dan sehat. Untuk itu perhatikan setiap asupannya.

Kalsium merupakan asupan yang baik bagi tubuh untuk meningkatkan kekuatan tulang, karena saat remaja pembentukan tulang dibentuk. semasa remaja tulang tumbuh dengan cepat, maka dari itu sumber nutrisi yang baik berperan sangat penting untuk pembentukan tulang. Perkembangan tulang pada saat remaja merupakan waktu yang paling penting dimana tulang akan berkembang sangat cepat sehingga menjadi lebih panjang, kuat dan lebih padat. Masa Pertumbuhan tulang cepat pada anak perempuan terjadi umur 10-11 tahun, akan mencapai puncaknya pada usia 12 tahun, dan pertumbuhan akan melambat sampai usia 18 tahun. sedangkan masa pertumbuhan cepat anak laki-laki terjadi usia 12-13 tahun, akan mencapai puncaknya pada usia 14 tahun, dan pertumbuhan melambat sampai usia 19 tahun.

  • Zat besi

asupan yang baik selanjutnya untuk membantu darah membawa oksigen ke seluruh otot, membantu fungsi otak bekerja secara maksimal, dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.Kebutuhan zat besi kurang akan mengakibatkan penyakit anemia atau sering disebut kurang darah.

  • Kalori

Masa Remaja sangat membutuhkan asupan kalori untuk menunjang setiap kegiatannya. Kalori untuk remaja laki-laki sekitar 2500 hingga 2800 kalori/hari, sedangkan kalori untuk remaja perempuan 22000 kalori/hari. Kebutuhan kalori tersebut bersumber dari protein, biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan.

  • Protein

Masa Remaja membutuhkan asupan protein sebesar 45 hingga 60 gram/hari untuk tumbuh dan membentuk otot. Protein sangat mudah didapat dari berbagai sumber makanan sehat, seperti daging, telur, ikan, kacang-kacangan dan susu.

  • Kalsium

Masa remaja, tubuh membutuhkan banyak kalsium untuk menyimpannya sebagai cadangan untuk membentuk tulang yang kuat saat dewasa. Karena memasuki usia 20 tahun penyerapan asupan kalsium untuk tulang akan berkurang. Remaja membutuhkan asupan kalsium sebesar 1200mg/harinya. Asupan kalsium dapat berasal dari susu, sereal, buah dan sayur yang kaya akan kalsium.

  • Zinc

Masa remaja merupakan masa saat tubuh manusia sangat aktif menghasilkan hormon. Zinc sebagai katalisator reaksi biokimia tentu berperan sangat penting dalam hal tersebut. Hormon yang berkaitan dengan Zinc adalah insulin, IGF-1, hormon pertumbuhan, dan hormon seks. Kecukupan asupan Zinc dapat memaksimalkan pertumbuhan remaja. Namun sebaliknya, kekurangan asupan Zinc akan mengakibatkan pertumbuhan tubuh melambat dan bahkan terhenti. Selain itu, Zinc pun berperan langsung dalam pembentukan jaringan kolagen, pertumbuhan tulang, perubahan T1 menjadi T3, dan lain sebagainya. Asupan Zinc dapat berasal dari daging, makanan laut, keju, tempe dan tahu.

Selain itu masa remaja dianjurkan untuk rajib berolahraga secara teratur agar badan tetap bugar, sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta dibarengi dengan istirahat yang cukup guna kondisi tetap fresh.

Baca juga :

Asupan Makanan sebagai Sumber Nutrisi Lengkap Untuk Tubuh Alami bagi remaja dengan seimbang akan menghasilkan remaja yang sehat, cerdas, dan Kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *