Asupan Makanan Menjaga Berat Badan Ideal

Asupan Makanan Menjaga Berat Badan Ideal,– Memiliki badan ideal merupakan impian setiap orang. Tapi untuk ingin seperti itu tidaklah mudah kita harus bisa menjaga sumber nutrisi asupan makanan dalam tubuh kita dengan seimbang. Hindari mengonsumsi makanan dengan kalori yang lebih tinggi dari kalori yang dibutuhkan tubuh karena bisa mengakibatkan berat badan bertambah. Makanan padat gizi sangat dibutuhkan agar bisa Mempertahankan berat badan yang ideal tanpa kekurangan gizi .

Asupan Makanan Menjaga Berat Badan IdealAsupan Makanan Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Apel

Mengkonsumsi apel dalam sehari bisa terhindar dari kolesterol karena serat dalam apel mudah untuk dicerna. Buah apel merupakan makanan kalori negatif sehingga menyebabkan tubuh membakar kalori lebih banyak untuk mampu mencernanya daripada kalori yang diberikan oleh buah sendiri.

Bayam

Bayam merupakan sayuran berdaun hijau mampu menjaga berat badan tetap ideal . Bayam berguna untuk rambut dan kulit karena kaya zat besi, magnesium, serta vitamin A dan C. Kandungan serat dalam bayam lebih dari 20% dan baik untuk membantu menjaga berat badan. Sayuran ini tidak mungkin disimpan sebagai lemak karena kalorinya telah habis digunakan dalam proses pencernaan

Gandum

Gandum merupakan makanan yang sehat yang sangat dianjurkan, terutama sebagai bahan makanan pokok untuk dikonsumsi setiap hari. Gandung kaya vitamin B3, thiamin atau vitamin B1, zat besi, serat, dan vitamin E.

Ikan Salmon

Ikan Salmon merupakan ikan yang banyak dicari oleh kalangan pemikmat ikan. Ikan salmon paling bagus dengan kandungan protein serta asam amino omega 3 sangat tinggi. Selain itu, salmon juga rendah kolesterol. Baik untuk dikonsumsi karena kandungan yang terdapat dalam ikan salmon banyak dan baik bagi tubuh.

Kacang almond

Kacang almond Almon memang bukan hasil bumi Indonesia. Namun anda bisa membelinya ditoko-toko karena banyak yang menjual karena baik untuk kesehatan. Kacang Almond kaya serat dan protein, dan bagus untuk sumber zat besi, magnesium, Vitamin E dan Rendah kalori. Dianjurkan bagi orang gemuk dalam  membantu mengurangi berat badan mereka.

Kedelai

Kedelai mengandung omega 3, kalsium, dan zat besi. Makanan ini popular bagi vegetarian. Selain dimasak biasa, kedelai juga bisa dinikmati dalam disajikan sebagai susu, tempe dan tahu. Perlu diperhatikan dalam mengonsumsi Kedelai mentah karena mengandung zat yang disebut goitrogens, yang dapat mengganggu aktivitas kelenjar tiroid. Kacang kedelai juga mengandung oksalat, sehingga seseorang yang memiliki masalah dengan oksalat harus menghindari konsumsi kacang kedelai secara berlebihan, karena dapat mempengaruhi pembentukan batu ginjal.

Paprika

Sayuran berwarna-warni ini merupakan sumber vitamin B6, C, dan asam folat yang baik . Sayuran ini memiliki fungsi mempercepat metabolisme. Paprika mengandung senyawa fitokimia yang diketahui mampu melindungi tubuh dari penyakit jantung, kanker, stroke, dan katarak. Paprika merah mengandung 250 persen kebutuhan vitamin C harian, 75 persen vitamin A, dan 10 persen serat.

( Simak : Obat Herbal Pelangsing )

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Rumus BMI (Body Mass Index)

Body Mass Index (BMI) ialah perhitungan berat badan ideal yang dapat digunakan sebagai salah satu rujukan untuk menghitung berat badan.

IMT(BMI) = Berat Badan (Kg) / (Tinggi badan (m) x Tinggi badan(m)
Misalnya: BMI = (45) / (1.65) x (1.65) = 16.5

Jika perhitungan diatas sudah di dapat, maka selanjutnya masukkan kriteria hasil tersebut ke dalam kategori yang mana menutut IMT/BMI versi World Health Organisation (WHO) :

BMI < 18.5 = underweight atau berat badan kurang, anda disarankan untuk meningkatkan olahraga dan makan makanan padat kalori dari jenis complex carbohidrat.

BMI 18.5 – 22.9 = berat badan ideal, sangat bagus.

BMI 23 – 24.9 = masuk kategori ideal, akan tetapi kategori ini masuk ke dalam kategori warning, sehingga anda perlu untuk menjaga pola makan dan perbanyak olahraga.

BMI 25 – 29.9 = kondisi berat badan memasuki batas obesitas, segera bulatkan tekad untuk mulai program diet.

BMI >= 30 = anda sudah termasuk kategori obesitas, berbagai penyakit siap menghampiri anda. Segera terapkan program diet lebih serius untuk mengatasinya.

Berikut Penjelasan artikel yang bisa disampaikan. Selalu menjaga asupan sumber nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan dan terhindar dari bahaya penyakit yang senantiasa terus membayangi. Semoga Bermanfaat Salam Sehat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *